MotoGP Jepang 2023- Martin Pertama, Bagnaia Kedua, Marc Marquez Ketiga

MotoGP Jepang 2023 menghadirkan Jorge Martin sebagai pemenang. Francesco Bagnaia ada di posisi kedua, dengan Marc Marquez di posisi ketiga dalam race yang terusik hujan dan memunculkan red flag.

Di Sirkuit Motegi, Minggu (1/10) siang WIB, muncul prediksi bahwa balapan sebanyak 24 lap itu bisa saja berlangsung flag to flag seiring dengan adanya potensi hujan. Mendekati momen dimulainya race, rintik hujan semakin terlihat di lintasan.

[Gambas:Twitter]

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Jepang 2023: Jorge Martin Pole, Ukir Rekor

Selepas start, Maverick Vinales dan Johann Zarco sudah terlihat melebar sampai keluar lintasan. Sementara itu Jorge Martin start dengan baik dan menjaga posisi terdepan. Jack Miller membuntuti.

Perkembangan kondisi di lintasan MotoGP Jepang 2023 membuat para rider memutuskan ke pit lane untuk berganti motor. Michele Pirro, Fabio Quartararo, Franco Morbidelli, Cal Crutchlow, dan Stefan Bradl tampak masih terus melaju di lintasan. Intensitas hujan tampak bertambah.

Baca juga: MotoGP 2023: Rider Ini Girang Betul Pecah Telur Poin di Sprint Race

Jorge Martin melebar di Turn 3 dan kehilangan waktu berharga. Salah satu yang menyalipnya adalah Francesco Bagnaia, yang sedang coba dikejarnya di klasemen MotoGP 2023 untuk sementara.

Sampai Lap 4, Pirro tampak masih memimpin balapan, dengan catatan belum ganti motor untuk kondisi basah. Ada pula Franco Morbidelli yang melakukan pertaruhan serupa. Tak lama berselang, barulah Pirro masuk pit. Aleix Espargaro untuk sementara memimpin balapan dengan 20 lap tersisa.

[Gambas:Twitter]

Di Lap 6, muncul yellow flag. Brad Binder rupanya mengalami crash. Di depan, Jorge Martin sudah kembali memimpin balapan.

Martin melakukan manuver dengan mulus untuk melewati Bagnaia dan kemudian menyalip Alex Espargaro. Bagnaia pada prosesnya juga merebut posisi kedua untuk sementara dari Espargaro.

[Gambas:Twitter]

Masuk Lap 10, Jorge Martin masih memimpin di depan. Keunggulannya sekitar 1 detik dari Bagnaia di posisi kedua. Bagnaia sendiri juga unggul sekitar 1 detik dari Marco Bezzecchi yang berada di posisi ketiga sejauh ini.

Marc Marquez memperlihatkan aksinya di kondisi basah Sirkuit Motegi. Ia sukses melewati Miguel Oliveira untuk merebut posisi keempat dalam race MotoGP Jepang 2023, yang kini memasuki Lap 11. Permukaan lintasan kini tampak sudah sebegitu basah mengingat intensitas hujan yang tampaknya terus bertambah.

Di Lap 12, Marc Marquez beraksi lagi! Kali ini ada Marco Bezzecchi yang disalipnya. Marquez merebut posisi ketiga, ketinggalan tidak sampai 1 detik dari Bagnaia di posisi kedua.

[Gambas:Twitter]

Baca juga: MotoGP Jepang 2023: Red Flag Berkibar, Jorge Martin Masih Terdepan!

Red Flag di Lap 13! Kondisi di Sirkuit Motegi membuat bendera merah akhirnya muncul.

Marc Marquez tampak kurang puas dengan keputusan itu karena merasa sedang melaju dengan mantap di lintasan. Tepat sebelum red flag muncul, Johann Zarco dan Miguel Oliveira tampaknya juga mengalami crash.

[Gambas:Twitter]

Setelah jeda sekitar 20 menit, para rider kembali ke lintasan. Para rider mengecek kondisi di Sirkuit Motegi dan kemudian melakukan warm up lap. Red flag!

Kondisi di lintasan membuat balapan tidak bisa dilanjutkan karena alasan keamanan. Jorge Martin pun dinyatakan sebagai pemenang. Mengingat 50 persen durasi balapan MotoGP Jepang 2023 sudah dituntaskan, poin akan diberikan penuh buat para rider.

Situasi itu membuat Jorge Martin kini tinggal terpaut 3 poin dari Bagnaia di puncak klasemen MotoGP 2023. Seri berikutnya, MotoGP Indonesia 2023 di Sirkuit Mandalika, bakal menghadirkan persaingan yang tambah sengit di antara keduanya!

[Gambas:Twitter]

Baca juga: Hasil MotoGP Jepang 2023: Jorge Martin Pemenangnya

Hasil MotoGP Jepang 2023

POSRIDERTIM
1Jorge MartinPramac Ducati (GP23)
2Francesco BagnaiaDucati Lenovo (GP23)
3Marc MarquezRepsol Honda (RC213V)
4Marco BezzecchiMooney VR46 Ducati (GP22)
5Aleix EspargaroAprilia Factory (RS-GP23)
6Jack MillerRed Bull KTM (RC16)
7Augusto FernandezTech3 GASGAS (RC16)*
8Fabio Di GiannantonioGresini Ducati (GP22)
9Raul FernandezRNF Aprilia (RS-GP22)
10Fabio QuartararoMonster Yamaha (YZR-M1)
11Takaaki NakagamiLCR Honda (RC213V)
12Joan MirRepsol Honda (RC213V)
13Cal CrutchlowYamalube RS4GP (YZR-M1)
14Stefan BradlLCR Honda (RC213V)
15Pol EspargaroTech3 GASGAS (RC16)
16Michele PirroDucati Lenovo (GP23)
17Franco MorbidelliMonster Yamaha (YZR-M1)
18Miguel OliveiraRNF Aprilia (RS-GP22)
19Maverick ViñalesAprilia Factory (RS-GP23)
Johann ZarcoPramac Ducati (GP23)
Brad BinderRed Bull KTM (RC16)

(krs/cas)