Archives Oktober 2024

Gregoria Mariska Enggan Remehkan Lawan, Jaga Fokus Hadapi 8 Besar

Tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung tidak mengendurkan fokus demi kembali bisa meraih kemenangan di perempatfinal Japan Masters 2023, Jumat (17/11/2023) besok.

Hal itu dikatakan Gregoria usai melewati ujian kedua yang berlangsung di Kumamoto Prefectural Gymnasium, Jepang. Unggulan keenam itu baru saja memenangkan pertandingan melawan Kim Ga Eun dari Korea Selatan 23-21, 21-12 di babak 16 besar.

“Puji Tuhan pertandingan hari ini berjalan lancar dan tidak perlu sampai rubber game. Walaupun tadi di gim pertama saya sempat unggul, lalu tertinggal dan bisa unggul lagi,” kata Gregoria dalam kutipan cepatnya melalui PBSI.

Baca juga: Jadwal 16 Besar Japan Masters 2023, Kamis 16 November

Gregoria mengungkapkan, secara keseluruhan hari ini ia juga bersyukur karena dapat mengatasi ketegangan saat awal permainan di turnamen yang secara resmi disebut sebagai Kumamoto Masters Japan 2023.

“Jujur saya juga sempat tegang untuk mengawali permainan. Namun di gim kedua, saya bisa lebih leluasa, meskipun masih melakukan kesalahan sendiri. Perolehan poin di gim kedua sempat jauh itu karena saya banyak belajar di gim pertama. Ini juga karena pola permainan dia masuk ke permainan saya,” ujarnya.

Walaupun menang, jalan Gregoria di turnamen BWF World Tour Super 500 ini masih panjang dan semakin berat. Di babak perempatfinal Japan Masters 2023 ia sudah ditunggu Yeo Jia Min dari Singapura.

Baca juga: Optimisme Ricky Soebagdja soal Masa Depan Bulutangkis Menuju Paris 2024

Dari head to head, Gregoria Mariska Tunjung tercatat mendominasi kemenangan 5-2 atas Yeo Jia Min. Tapi catatan itu tak berarti menjadikan juara Spain Masters 2023 itu lengah dan meremehkan lawan.

“Untuk menghadapi pertandingan besok, saya coba fokus satu per satu dulu. Hari ini saya bisa bermain baik. Tetapi besok ada tantangan baru yang pastinya tambah berat. Semoga besok saya bisa menikmati pertandingan dan meraih kemenangan,” Gregoria mengharapkan.

(mcy/krs)

Federasi Triathlon Indonesia Siap Sukseskan Sportel Bali Triathlon 2024

Sportel Bali Triathlon 2024 akan digelar di Pulau Dewata pada Februari mendatang. Pengurus Pusat Federasi Triathlon Indonesia siap menyukseskannya!

Pengurus Pusat Federasi Triathlon Indonesia memberikan komitmen dan dukungan penuh untuk suksesnya penyelenggaraan Sportel Bali Triathlon 2024 yang akan dihelat pada tanggal 25 Februari 2024 di kawasan Jimbaran Bali.

Ahyar, Sekretaris Jenderal PP Federasi Triathlon Indonesia, menyatakan, “Dukungan dari PP Federasi Triathlon Indonesia terhadap Sportel Bali Triathlon 2024 dan Transvision adalah bentuk komitmen kami untuk memajukan olahraga Triathlon di tanah air. Kami percaya bahwa sinergi ini akan berdampak positif terhadap pemassalan Triathlon di Indonesia, membuka peluang lebih besar bagi atlet dan komunitas Triathlon untuk mendukung pertumbuhan olahraga ini.”

“Dukungan dari PP Federasi Triathlon Indonesia tentunya akan menambah kredibilitas, brand awareness, dan jangkauan yang lebih luas kepada triathletes mengenai pergelaran event ini. Dengan dukungan ini, kami yakin target peserta akan dapat tercapai dan Sportel Bali Triathlon 2024 dapat menjadi event sport tahunan yang bergengsi yang mampu membangkitkan Sport Tourism dan Creative Economy di tanah air,” ucap Brando
Tengdom, Direktur Marketing & Sales Transvision.

Baca juga: Ketua Umum KONI Pusat Lantik Pengurus Baru Triathlon Indonesia

Sportel Bali Triathlon 2024 menjadi bagian tak terpisahkan dari rangkaian acara Sportel Bali 2024 “International Sports Market & Summit” yang diselenggarakan pada tanggal 22- 23 Februari 2024. Sebagai sebuah acara di bawah Naungan Patron Yang Mulia Pangeran Albert II dari Monako, SPORTEL menjadi wadah unik yang menghubungkan para pemimpin media olahraga dan teknologi.

Selama lebih dari 30 tahun, SPORTEL telah menjadi tempat berkumpulnya para eksekutif dari seluruh dunia yang mewakili penyiar olahraga, federasi internasional, agen pemasaran olahraga, serta platform digital dan penyedia teknologi untuk mengembangkan peluang bisnis dan menentukan tren di industri olahraga.

Sportel Bali 2024 akan menyajikan dua event olahraga bergengsi sebagai bagian dari acara ini, yaitu Sportel Bali Golf Classic pada tanggal 21-22 Februari 2024 dan Sportel Bali Triathlon pada tanggal 25 Februari 2024. Kedua event ini mencerminkan presisi, akurasi, daya tahan, konektivitas, dan keterampilan yang menjadi semangat utama penyelenggaraan Sportel Bali 2024.

Dengan target peserta sebanyak 800+ dari Indonesia dan mancanegara, Sportel Bali Triathlon 2024 akan menjadi perlombaan Triathlon bergengsi berskala internasional yang akan melibatkan kawasan pantai dan jalanan di Jimbaran Bali. Sebagai suatu keunikan, Triathlon ini juga akan memberikan hiburan bagi masyarakat, sesuatu yang belum terjadi sejak tahun 2019 di Bali.

Seri Sportel Bali Triathlon 2024 akan dimulai dengan disiplin berenang di perairan pantai Intercontinental Jimbaran, menempuh jarak sepanjang 1,5 km untuk kategori standard dan 750 meter untuk kategori sprint. Berikutnya, peserta akan melanjutkan tantangan dengan bersepeda melalui rute yang melibatkan Intercontinental Jimbaran, Jalan Uluwatu, Jalan Ngurah Rai, dan kembali ke Intercontinental Jimbaran, menempuh jarak 40 km untuk kategori standard dan 20 km untuk kategori sprint.

Baca juga: Sportel Bali Triathlon Dihelat Februari 2024

Penutupan acara ini akan diramaikan dengan disiplin lari, mengikuti rute yang melibatkan Pantai Jimbaran, Jalan
Bukit Permai, Jalan Karang Mas, Jalan Bukit Permai, dan kembali ke Pantai Jimbaran, dengan total jarak lari sejauh 10 km untuk kategori standard dan 5 km untuk kategori sprint.

Peran strategis penyelenggara, yaitu Transvision sebagai unit usaha CT Corpora dan bagian dari Transmedia, tentu akan sangat penting untuk meningkatkan brand awareness Sportel Bali Triathlon 2024. Untuk Race Management, Transvision menggandeng Andreas Kansil dari Pandara Sport yang sudah memiliki pengalaman yang teruji dalam menyelenggarakan event olahraga dan menjadi faktor kunci dalam memastikan kesuksesan event ini.

(aff/rin)

Cerita Nitya Krishinda Maheswari Jadi Pelatih Bulutangkis

Nitya Krishinda Maheswari pensiun sebagai atlet setelah banyak dibekap cedera. Peraih medali emas ganda putri Asian Games 2014 itu memutuskan gantung raket dan kini merintis jalan sebagai pelatih.

Nitya mendampingi atlet-atlet PB Mutiara Cardinal yang tengah bertanding di BNI Sirnas A DKI Jakarta 2023, khususnya di nomor ganda putri. Ditemui di sela-sela BNI Sirnas A DKI Jakarta 2023, di GOR UNJ, Rawamangun, sosok yang karib disapa Titin itu mengisahkan tentang keputusannya memilih jalan menjadi pelatih.

Semula, Nitya mengaku ingin happy-happy usai setelah. Tapi kegundahannya atas prestasi bulutangkis Indonesia, khususnya ganda putri, membuatnya ingin ikut berkontribusi langsung buat cabang olahraga yang pernah membawanya meraih prestasi tertinggi.

Baca juga: Nitya Krishinda hingga Simon Santoso di BNI Sirnas Jakarta

“Dari gantung raket itu aku mau happy-happy, mau menikmati hidup karena hampir setengah hidup disiksa,” kata Nitya seraya tertawa kala berbincang dengan detikSport.

“Cuma ada di satu momen, khususnya di sektor aku ganda putri, dengan hasil pencapaian Greysia Polii/Apriyani Rahayu, luar biasa, ini lo akhirnya ganda putri yang selalu dipandang sebelah mata. Nah, semakin ke sini, Indonesia dengan pelapisnya punya gap jauh. Saat itu, ada momen berasa jadi netizen, komentar ‘Kok kalahan?’.”

“Kalau aku jadi netizen, akan selalu menjadi tanda tanya tanpa do nothing. Akhirnya berpikir, ‘saya bisa kasih kontribusi apa?’ Saat itu, aku pulang kampung ke Blitar untuk bantu di klub dulu, sampai ada tawaran di PB Mutiara.”

Baca juga: Destinasi Populer Jakarta yang Wajib Dikunjungi Usai Nonton BNI Sirnas A

“Jadi kalau (sejak awal) ingin menjadi pelatih, tidak. Tapi Tuhan kasih jalan dengan pertanyaanku, kenapa ganda putri di Indonesia kok gapnya masih jauh? Mungkin kontribusi saja sekarang bikin bibit-bibit yang sekiranya bisa menunjang Pelatnas ada generasinya,” tuturnya.

Sebelum ini, sejak tak lagi menjadi atlet bulutangkis, Nitya Krishinda Maheswari pernah menjalani peran sebagai pelatih di Pelatnas PBSI. Terutama melatih para pemain pelapis di skuad tim ganda putri, sebelum akhirnya bergabung dengan klub Mutiara.

Sejak itu, Nitya mengaku mulai banyak belajar. Apalagi melatih atlet yang belum sepenuhnya matang seperti di Pelatnas, memiliki tantangan lebih besar dan butuh penyesuaian.

Baca juga: Berkah BNI Sirnas Jakarta: GOR UNJ Ramai Terus, Dagangan Laris Manis!

“Perbedaannya sangat jauh (antara atlet Pelatnas dengan klub). Jika kita bicara pelatih di Pelatnas, bahannya sudah ada dengan standar yang sudah pasti, oh standar ganda segini, tinggal poles mental. Tapi di klub dengan faktor usia yang berbeda, lalu melatih anak remaja bukan teknik saja, tapi harus bisa jadi pendengar, mood-nya. Jadi jauh sekali,” kata Nitya.

“Tapi balik lagi jadi lebih seru. Dalam arti saya jadi paham, pelatih klub itu sangat hebat, karena mereka bisa membimbing atlet menjadi sesuatu dengan mental yang mereka bentuk, dengan fisik yang mereka olah, sampai anak ini jadi. Dan tak segampang itu.”

Nitya menambahkan, terjun ke dunia pelatih bukan perkara mudah. Banyak kesulitan-kesulitan yang dialami seorang pelatih, khususnya di level klub.

Baca juga: Di BNI Sirnas, Ayah Marcus Gideon Bahas Karier Putranya

“Kalau bisa memilih lebih baik menjadi atlet, karena atlet fokus latihan, istirahat, tanding, sudah. Sementara menjadi pelatih harus menjaga; harus begini, moodnya begini, persiapan bagaimana, harus diingatkan.”

“Kadang kan beberapa netizen ada yang bilang, bagaimana nih pelatihnya yang harus diganti. Mau pelatih bagaimana pun tak segampang itu untuk bisa membentuk seorang juara.”

“Jadi harus ada kepercayaan juga antara atlet dan pelatih, dan untuk bentuk kepercayaan itu harus cari cara bagaimana masuk ke anak sekarang, jadi memang harus kita menyesuaikan. Dan tak bisa kita menarik mereka masuk ke zaman kita,” lanjutnya.

Baca juga: Ariella/Rachel Kalahkan Salma/Vanessa di 16 Besar BNI Sirnas Jakarta

Saat ini, Nitya Krishinda Maheswari tercatat sudah menjalankan kariernya sebagai pelatih klub PB Mutiara selama delapan bulan. Ia juga sudah beberapa kali mendampingi atletnya di BNI Sirnas 2023. Ia pun berharap atlet-atletnya dapat memberikan hasil maksimal.

“Kami ada target untuk podium pasti, tapi balik lagi kami sebagai pelatih tak mau terlalu menekan atlet lah. Aku juga pernah menjadi atlet, kalau semakin ditekan, semakin banyak mikir, main juga belum tapi sudah banyak pikiran yang berat. Itu juga gak enak. Jadi sekarang aku lebih balance untuk mengaplikasikan ke anak,” Nitya menandaskan.

Simak rangkuman informasi BNI Sirkuit Nasional 2023 selengkapnya di halaman khusus berikut ini!

(mcy/krs)

French Open 2023- Swiatek Jumpa Muchova di Final

Petenis peringkat satu dunia Iga Swiatek kembali melangkah ke final French Open 2023. Sang juara bertahan akan bertemu non unggulan asal Republik Ceko, Karolina Muchova.

Swiatek berhasil mengalahkan Beatriz Haddad Maia (Brasil) di lapangan Philippe-Chatrier, Jumat (8/6) dengan skor 6-2, 7-6 (9-7). Ia belum pernah kalah satu set pun sejak babak pertama.

Ini menjadi final ketiga Swiatek di French Open dalam empat tahun terakhir setelah tahun 2020 dan 2022. Dalam dua kesempatan itu, ia selalu menjadi juara. Kini, petenis Polandia itu mengincar yang ketiga.

Baca juga: French Open 2023: Aldila Sutjiadi/Matwe Middelkoop Kandas di Semifinal

“Sangat mengagumkan. Saya senang bisa bermain konsisten, mendapat hasil bagus setiap tahun, saya sangat antusias menantikan hari Sabtu (laga final),” ujar Swiatek dikutip Sky Sports.

“Laga tadi tidaklah mudah, dia (Beatriz) sungguh seorang petarung. Saya senang tampil bagus saat tie-breaker. Saya bangga tampil solid dan berhasil menyelesaikan pukulan-pukulan terakhir,” tegas petenis 22 tahun itu.

Jalan Swiatek kembali menjadi juara tak akan mudah. Ia harus melewati Muchova yang tampil gigih di semifinal untuk mengalahkan unggulan kedua Aryna Sabalenka dengan skor 7-6 (7-5) 6-7 (5-7) 7-5 dalam waktu 3 jam 13 menit.

Baca juga: Aldila Sutjiadi/Miyu Kato Korban Ngototnya Protes Lawan

Muchova bahkan tertinggal 2-5 dalam kondisi match point di set penentuan, namun berhasil bangkit untuk mengubur impian Sabalenka ke final. Ia mencetak 20 dari 24 poin terakhir untuk memastikan diri lolos ke partai puncak grand slam pertama dalam kariernya.

“Saya tak tahu apa yang terjadi. Atmosfernya, sungguh luar biasa. Saya hanya mencoba terus berjuang dan ternyata berhasil. Saya senang,” ujar Muchova.

Laga final French Open 2023 akan digelar di tempat yang sama pada Sabtu (10/6) pukul 20.00 WIB.

(adp/pur)

Bos Ducati Terima Dikritik karena Pilih Marc Marquez

Ducati sudah memilih Marc Marquez untuk menjadi rider kedua musim depan. General Manager Ducati, Gigi Dall’Igna, rea dikritik karena keputusan itu.

Marc Marquez dipilih Ducati untuk musim balap musim depan, alih-alih Jorge Martin atau Enea Bastianini. Padahal, performa Baby Alien di MotoGP 2024 kalah bagus dibanding dua pesaingnya.

Jorge Martin kini memuncaki klasemen MotoGP 2024 dengan raihan 241 poin. Sementara itu, Bastianini ada di peringkat ketiga dengan koleksi 192 poin.

Baca juga: Jadwal MotoGP Austria Akhir Pekan ini: Saatnya Beraksi di Red Bull Ring

di MotoGP 2024, Jorge Martin sudah membukukan dua kemenangan. Sementara itu, Bastianini sudah membukukan satu kemenangan. Marc Marquez belum menang.

“Saya sangat bahagia untuk Enea. Malangnya, kami harus memilih satu di antara tiga pilihan rider, tapi semua dari mereka pantas membalap untuk tim pabrikan,” kata Dall’Igna di Sky Sport Italia.

Baca juga: MotoGP: Rossi Tak Akan Pernah Ubah Opini Soal Marc Marquez

“Seperti yang sudah saya katakan, ini merupakan pilihan yang sulit dari seorang profesional dan sudut pandang olahraga, tapi juga sudut pandang manusia.”

“Jelas bahwa saya di sini juga untuk menerima kritik, dan saya menerima sebagaimana mestinya,” kata dia menambahkan.

Baca juga: Bastianini Masih Gagal Paham Ducati Pilih Marc Marquez

Buah Keragu-raguan Gregoria Mariska

Harapan Gregoria Mariska Tunjung dapat kalahkan Tai Tzu Ying untuk kali pertama pupus pada Singapore Open 2023. Gregoria ragu-ragu saat bertanding, akhirnya angkat koper.

Gregoria Mariska menjadi satu-satunya wakil Indonesia di sektor tunggal putri pada ajang Singapore Open 2023 yang berlangsung hingga akhir pekan ini.

Alih-alih bisa mengulang pencapaian pada edisi sebelumnya yakni perempatfinal, juara Spain Masters 2023 itu takluk dari Tai Tzu Ying, tunggal putri Taiwan pada babak 16 besar, Kamis (8/6/2023).

Gregoria kalah straight game dari unggulan ketiga Singapore Open 10-21, 19-21 setelah bermain selama 32 menit.

Baca juga: Singapore Open 2023 Babak 16 Besar: Gregoria Mariska Tersingkir

“Gim pertama saya tidak bisa langsung in. Saya masih mencari-cari pola. Apalagi, Tai Tzu Ying juga bukan lawan yang mudah. Dari awal lawan terus menekan saya,” kata Gregoria seusai bertanding, dalam keterangan tertulisnya.

“Pada gim kedua, sebenarnya saya tidak memikirkan apa-apa. Meski ketinggalan saya coba terus memberikan perlawanan. Saya hanya ingin berusaha semaksimal. Sayang, di dua poin terakhir yang didapat lawan, karena saya ragu-ragu,” ujarnya.

Baca juga: Singapore Open 2023: Bagas/Fikri Juga Kandas

Kekalahan dari Tai Tzu Ying memperpanjang rekor buruk Gregoria Mariska yang belum pernah menang sepanjang delapan pertemuannya keduanya. Dengan demikian, Gregoria harus mencoba pada turnamen berikutnya lagi.

“Saya kurang puas dengan penampilan hari ini, terutama di gim pertama. Lawan bisa mengontrol keadaan. Saya merasa tidak nyaman,” kata pebulutangkis yang karib disapa Jorji ini.

“Hasil ini memang tidak lebih bagus dibanding tahun lalu. Saya tahun lalu di sini bisa masuk ke perempatfinal. Yang kurang-kurang harus diperbaiki lagi,” tuturnya.

Baca juga: Singapore Open 2023: Leo/Daniel Lanjut ke Perempatfinal

Meskipun belum bisa meraih hasil terbaik, Gregoria masih punya kesempatan memperbaiki penampilannya di Indonesia Open, Jakarta, yang bergulir mulai pekan depan.

“Evaluasinya, saat masuk lapangan saya harus bisa main baik di gim pembuka. Harus bisa lebih siap lagi. Selain itu, saya harus bisa beradaptasi dengan kondisi-kondisi yang tidak bisa diperkirakan sebelumnya,” ujar Gregoria.

(mcy/aff)

Evaluasi Anthony Ginting Usai Lewati Ujian Pertama

Tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting mengevaluasi penampilannya usai melawati adangan pertama 32 besar Denmark Open 2023. Apa katanya?

Ginting lolos ke babak kedua dengan mengalahkan wakil Prancis, Christo Popov. Ini adalah pertemuan kedua bagi kedua pemain. Bedanya, kali ini Ginting yang menang.

Juara Singapore Open 2023 itu menang dua gim langsung atas Popov dengan skor identik 21-15, 21-15. Pertarungan itu Ginting sudahi setelah berjuang selama 43 menit.

Baca juga: Denmark Open 2023: Ginting Melaju Mulus ke 16 Besar

Kendati menang, Ginting ternyata tak sepenuhnya puas. Ia mengevaluasi performanya yang dinilai kurang maksimal karena masih banyak kehilangan poin. Bahkan hal itu dilakukannya secara beruntun.

“Puji Tuhan mengucap syukur bisa bermain dengan baik, bisa menerapkan strategi dengan baik. Apa yang sudah direncanakan sebelum pertandingan bisa berhasil,” kata Ginting dalam kutipan cepatnya melalui PBSI.

“Tapi memang masih ada saya kehilangan poin beruntun, ini yang harus diminimalisir,” ujarnya.

Baca juga: Jadwal 6 Wakil Indonesia di Babak Pertama Denmark Open 2023

Ginting juga menjelaskan bagaimana dirinya berusaha untuk tidak terbawa situasi keunggulan lawan. “Tadi sih coba tidak terlalu dipikirkan dan dibikin panik, fokusnya tetap tenang dan tidak mengubah pola permainan,” pemain peringkat dua dunia itu memgungkapkan.

“Karena evaluasi dari pertandingan sebelumnya ketika kejadian seperti itu berpengaruh ke permainan jadi lebih buru-buru,” Ginting menandaskan.

Di fase selanjutnya, Ginting akan bermain kembali pada Kamis (19/10/2023). Unggulan kedua Denmark Open ini masih menunggu lawan dari pertandingan antara Ng Tze Yong (Malaysia) dengan Lu Guang Zu (China).

Namun, siapa pun lawannya kelak, Ginting punya modal kemenangan dan tercatat belum pernah kalah, baik melawan Ng Tze Yong maupun Lu Guang Zu di turnamen BWF.

Badminton Asia Championships 2023- Chico dan Ginting ke 16 Besar

Chico Aura Dwi Wardoyo lolos ke 16 besar Badminton Asia Championships 2023. Hasil serupa juga diraih tunggal putra Indonesia lainnya, Anthony Sinisuka Ginting.

Babak 32 besar tunggal putra Badminton Asia Championships mempertemukan Chico dengan Panarin dari Kazakshtan. Duel berlangsung di Sheikh Rashid Bin Hamdan Indoor Hall, Uni Emirat Arab, Rabu (26/4/2023) malam WIB.

Chico melaju mulus di awal set pertama dan mencapai interval dengan keunggulan 11-5. Pebulutangkis Indonesia itu kembali melanjutkan permainan positifnya dan meraih kemenangan 21-13.

Baca juga: Badminton Asia Championships 2023: Apriyani/Fadia Ditekuk Wakil Thailand

Set kedua berjalan baik bagi Chico yang mencapai interval dengan keunggulan 11-5. Dia menuntaskan gim dengan kemenangan 21-11.

[Gambas:Twitter]

Bergeser ke pertandingan lainnya, Anthony Sinisuka Ginting bersua wakil Taiwan, Wang Tzu Wei. Ginting menyabet set pertama dengan keunggulan 21-16.

Baca juga: Badminton Asia Championships 2023: Fajar/Rian dan Gregoria ke 16 Besar

Wang cukup dominan pada awal set kedua dan mencapai interval dengan keunggulan 11-7. Ginting tancap gas selepas interval dan menyamakan skor 14-14.

Ginting bahkan berhasil berbalik unggul hingga 17-14. Pebulutangkis nomor dua dunia ini sukses memenangkan pertarungan 21-17.

[Gambas:Twitter]

Baca juga: Badminton Asia Championships 2023: The Daddies Menang, Lanny/Ribka Kalah

Debut Istimewa Megawati di Liga Voli Korea

Prestasi membanggakan diraih atlet voli Indonesia Megawati Hangestri Pertiwi. Ia sukses menjadi pemain terbaik dalam laga debutannya di Liga Voli Korea.

Tampil di Gimnasium Daejeon Chungmu, pada 17 Oktober kemarin, Megawati menjadi salah satu pemain yang diandalkan timnya, Daejeon ChengKwanJang Red Spakrs, dalam menyumbangkan poin.

Ia tercatat mengoleksi 21 poin saat timnya melawan Hwangseong IBK Altos. Terdiri dari dua poin berupa ace serve dan tiga blok, sisanya lewat spike dengan persentase 47 persen sukses.

Keberhasilannya tersebut membawa Megawati yang bermain dengan posisi opposite ini dinobatkan sebagai Most Valuable Player (MVP) dalam pertandingan tersebut.

Baca juga: Tim Voli Putra Indonesia Finis di Posisi ke-8 Asian Games 2023

Penghargaan ini sekaligus mewujudkan keinginannya saat resmi bergabung dengan Daejeon KGC. Saat itu, Megawati yang tercatat sebagai pemain voli Indonesia pertama yang berkompetisi di Liga Korea memiliki tekad dapat bermain bagus untuk timnya.

“Saya ingin menunjukkan performa yang bagus dan saya ingin meraih gelar juara bersama rekan tim saya dan memenangkannya,” kata Megawati seperti dilansir dari koreajoongangdaily.joins.com

Diketahui, atlet berusia 24 tahun itu bergabung dengan KGC pada musim panas lalu melalui draf kuota pemain Asia. Ialah sebuah sistem baru yang diadopsi tahun ini, di mana tim dapat menambahkan pemain asing ke dalam skuad dari negara-negara Asia terpilih.

Megawati sendiri merupakan pemain yang ditransfer dari tim Jakarta Pertamina Fastron, runner up Proliga musim lalu.

Ia juga tercatat meraih penghargaan kategori best opposite di Asian Women’s Volleyball Challenge Cup 2023. Saat itu, Indonesia finis sebagai runner up.

Baca juga: 7 Peraturan Bola Voli, Pelanggaran, dan Teknik Dasarnya

Kemahirannya dalam mengolah bola voli dan bermain apik di lapangan pun semoat dipuji oleh pelatih kepala KGC, Ko Hee-jin, yang menyebut Megawati memiliki serangan dan blok yang bagus. “Sikapnya selama latihan juga bagus. Ia juga rajin,” kata Ko Hee-jin.

(mcy/aff)

Giovanna Milana Cedera, Pisah Lebih Cepat dengan Jakarta Pertamina Enduro

Atlet voli putri asal Amerika Serikat Giovanna Milana (Gia) berpisah lebih cepat dengan Jakarta Pertamina Enduro (JPE) akibat cedera. Ia berjanji kelak akan main lagi di Indonesia.

Cedera Gia, yang juga merupakan rekan Megawati Hangestri di Red Sparks, membuatnya diprediksi harus absen sekitar 8-10 pertandingan. Cedera itu sendiri didapatnya karena tergelincir dan salah bertumpu saat jatuh pada pertandingan pekan lalu.

“Ini bukanlah cedera yang serius, tapi akan butuh beberapa pekan buatku untuk bisa main lagi, yang berarti aku akan absen sekitar 8-10 pertandingan (mayoritas musim),” sebut Gia di akun media sosialnya.

Giovanna Milana menjelaskan, Jakarta Pertamina Enduro sudah menangani cedera dan merawatnya dengan baik. Di sisi lain, Gia pun memikirkan kepentingan klub.

Dengan dirinya cedera sehingga harus absen di cukup banyak laga, Jakarta Pertamina Enduro (JPE) tentu butuh pemain lain untuk diandalkan dalam menjalani Proliga. Sehubungan dengan itu, ada pula regulasi pemain asing Proliga.

“Agar Pertamina bisa menjalani musim dengan sukses, aku harus diganti saat sedang cedera… Pada saat itu terjadi, peraturan liga membuatku tidak bisa lagi tampil,” kata Gia.

Baca juga: Duet Ngeri Gia-Megawati

Oleh karena itulah, jelas Gia, keputusan berpisah lebih cepat pun pada akhirnya harus diambil. Ia menegaskan, keputusan itu adalah demi kepentingan dirinya dan juga Jakarta Pertamina Enduro.

“Ini adalah keputusan bersama, tapi memang sangat berat buat klub dan diriku sendiri… Kami menjalani momen magis dan aku tidak akan pernah melupakannya. Aku memutuskan untuk tetap di klub selama beberapa pekan guna menjalani terapi dan mendukung para pemain lain dalam transisi ini,” ucap Gia.

Atlet voli 25 tahun itu juga berterima kasih atas dukungan yang sudah diterimanya selama bersama Jakarta Pertamina Enduro, walaupun dalam waktu relatif singkat.

“Maaf aku tidak bisa lebih lama bersama kalian, tapi aku berjanji akan kembali dan main lagi di Indonesia. Aku jatuh cinta dengan liganya, negaranya, dan budayanya, dan aku merasa selamanya punya keluarga di sini.”

Untuk menggantikan posisi yang ditinggalkan Giovanna Milana, Jakarta Pertamina Enduro (JPE) sudah mendatangkan pemain Timnas Voli Putri Jerman Ivana Vanjak.

Baca juga: Megawati dan Gia Dapat Sambutan Paling Meriah di Indonesia Arena

(krs/aff)

Ada Kejuaraan Taekwondo di Jogja Akhir Pekan Kemarin, Ini Hasilnya

Berbagai cara dilakukan untuk memajukan olahraga taekwondo di Indonesia. Salah satunya lewat kejurnas yang baru saja selesai dihelat di Yogyakarta akhir pekan kemarin.

Kejuarnas Taekwondo itu diinisiasi oleh Polda DI Yogyakarta dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-77 dihelat di GOR Among Rogo, 5-6 Agustus. Ajang yang bertajuk Kejuaraan Taekwondo Bhayangkara Presisi Polda DIY 2023 ini diikuti atlet-atlet taekwondo dari 88 klub se-Indonesia, dan memperebutkan total hadiah Rp 100 juta serta Piala Bergilir Kapolda DIY.

Diharapkan ajang ini bisa melahirkan atlet-atlet untuk bersaing di tingkat nasional maupun internasional. Tak cuma itu, ajang ini juga bertujuan mengembangkan serta meningkatkan minat dan prestasi olahraga tersebut.

Kejurnas tersebut memang memang baru dihelat tahun ini. Tapi, pihak Polda DIY berharap kejurnas ini digelar rutin sebagai bagian dari peringatan Hari Bhayangkara.

Berbeda dengan kejuaraan taekwondo pada umumnya, ajang yang diikuti kelompok usia dini hingga dewasa tersebut menggabungkan olahraga dengan kesenian berupa hiburan musik, tari tradisional dan freestyle taekwondo.

Baca juga: Taekwondoin Megawati: Bukan Unggulan, tapi Mampu Jadi Andalan

“Tujuannya menarik minat masyarakat agar bisa lebih tahu tentang taekwondo,” tutur Kapolda DIY, Irjen Suwondo Nainggolan, yang menutup acara sekaligus menyerahkan Piala Bergilir kepada Tim Taekwondo BTTC Kelapa Dua Jakarta.

“Total hadiah senilai Rp 100 juta ini terbagi menjadi beberapa hadiah uang pembinaan untuk atlet-atlet yang berprestasi. Saya senang sekali melihat antusiasme para peserta,” p a.

Ajang ini menggunakan 6 matras dengan 1 leveling matras sebagai matras utama pada final partai-partai pilihan. Event juga ditujukan untuk merekatkan persaudaraan dan persatuan atlet taekwondo se-Indonesia.

1.Atlet terbaik Super Cadet Putra

Arjuna Wardhana under -33kg – Asal club indranaga Semarang

2.Atlet terbaik Super Cadet Putri
Rayasha Putri under-33 putri – asal club Manroe Jakarta

3. Atlet terbaik cadet Putra
Daniel Aditya Firdaus under 41 kg- asal club BTC yogyakarta

4. Atlet terbaik cadet putri
Zaskya Meyta Anggraini under 47 kg- asal club BTTC kelapa dua jakarta

5. Atlet terbaik junior Putra
Adhitia Alva Gany under-45 kg – asal club Halilintar TKD semarang

Baca juga: Menpora: FORNAS Jalan Menuju Indonesia Bugar

69 Negara Hadir CdM Meeting World Beach Games, Tak Ada Israel

Komite Olimpiade Indonesia (KOI) memastikan 69 negara akan mengikuti Chef de Mission (CdM) Meeting 2nd ANOC World Beach Games di Bali pada 28 April mendatang. Tak ada Israel dalam acara ini.

Kepastian tersebut didapat usai Sekretaris Jenderal ANOC Gunilla Lindberg mengirimkan surat resmi kepada Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari, pada Senin (17/4) petang.

“Berdasarkan surat resmi ANOC kepada kami, 69 negara yang akan hadir pada CdM Meeting AWBG di Bali, akhir April nanti. Informasi ini telah kami teruskan ke Kemenpora dan Pemerintah Provinsi Bali,” kata Okto, sapaan karib Raja Sapta, Selasa (18/4/2023).

Baca juga: Soal Israel, Pengamat Harap Gubernur Bali Konsisten Dukung AWBG 2023

“Kualifikasi AWBG masih berlangsung hingga Juli, tetapi yang hadir di CdM Meeting ini adalah gambaran peserta yang berpartisipasi di AWBG Bali 2023,” sambungnya.

Sebagai informasi, NOC adalah organisasi non-pemerintah yang terafiliasi dengan Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan merepresentasikan negaranya dalam perhelatan olahraga. Sementara, CdM Meeting adalah pertemuan Ketua Kontingen yang telah ditunjuk NOC peserta multiajang olahraga.

Okto mengatakan Indonesia harus dapat memanfaatkan penyelenggaraan AWBG dengan maksimal. Terlebih, AWBG merupakan multievent ketiga terbesar di dunia setelah Olimpiade Musim Panas dan Olimpiade Musim Dingin.

Baca juga: Atlet Israel Ikut World Beach Games di Bali, Wayan Koster Bilang Begini

Sebagai informasi, AWBG Bali akan diselenggarakan pada 5-12 Agustus, dan akan dilanjutkan dengan ANOC General Assembly pada 13-15 Agustus. AWBG merupakan multi event terbesar berdasarkan jumlah negara peserta yang pernah diselenggarakan di Indonesia dan dapat menjadi stepping stone menuju bidding tuan rumah Olimpiade 2036.

“Beach games lahir dari Indonesia, saat kita menjadi tuan rumah Asian Beach Games I di Bali pada 2008. Dengan AWBG kita dapat merajut legacy yang lebih besar. Perlu diingat, lanjut Okto, kegiatan sport event internasional di Indonesia dapat memberikan multiplier effect (efek ganda) dari segi olahraga, pariwisata, hingga ekonomi,” kata Okto.

Dalam CdM Meeting yang berlangsung hingga 1 Mei itu, Indonesia ANOC World Beach Games Organizing Committee akan mempresentasikan kesiapan tuan rumah, baik venue, akomodasi, transportasi, dan lain-lain. AWBG Bali 2023 akan diikuti sekitar 1.600 atlet dari 130 negara. Atlet yang tampil harus melalui proses kualifikasi ketat hingga Juli 2023.

Baca juga: Ada Atlet Israel, Wayan Koster: Bali Tuan Rumah AWBG 2023

Digantikan Marc Marquez, Diggia Legowo dengan Keputusan Gresini

Gresini Racing mengganti Fabio Di Giannantonio dengan Marc Marquez musim depan. Diggia menghormati keputusan timnya itu.

Kontrak Diggia dengan Gresini memang akan selesai tahun ini. Tak ada perpanjangan kontrak untuk rider 25 tahun itu, dia pun harus pergi.

Diggia sudah menghabiskan waktu lima tahun dalam kariernya untuk membela Gresini. Tak cuma di MotoGP, dia juga membalap di Moto2 dan Moto3.

Baca juga: Tangis Diggia di Mandalika, Raih Hasil Terbaiknya di MotoGP

Posisi Diggia di Gresini Racing dipastikan digantikan oleh Marc Marquez. Baby Alien menyudahi kontrak dengan Honda lebih awal, semestinya selesai pada 2024.

Di sela Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023, Marc Marquez diumumkan menjadi rider baru Gresini. Soal keputusan Gresini itu, Diggia menerimanya dengan lapang dada.

“Kami sudah melewati banyak hal bersama-sama dari Moto3 ke Moto2, dan meninggalnya Fausto Gresini,” kata Diggia di Marca.

Baca juga: MotoGP Mandalika: Bagus Balapan Hari Sabtu, Diggia Tak Cepat Puas

“Kami membangun tim bersama dan mereka tahu bahwa saya meningkat dan bahwa saya hanya membutuhkan waktu dan kepercayaan. Tapi, pada akhirnya ini hanya mengenai bisnis, saya harus menerimanya,” kata dia menambahkan.

Di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika akhir pekan lalu, Diggia finis keempat. Raihan itu menjadi pencapaian terbaik Diggia selama dua musim berkiprah di MotoGP.

Baca juga: Gresini Resmi Gaet Marc Marquez untuk MotoGP 2024

Hasil All England 2024- Jonatan Menang, Jumpa Ginting di Final

Jonatan Christie melangkah ke final All England 2024 usai mengalahkan Lakshya Sen (India) dengan skor 21-12, 10-21, 21-15. Dengan hasil ini, tercipta All Indonesian Final di nomor tunggal putra.

Bermain di Utilita Arena, Sabtu (16/3), Jojo mendapat perlawanan ketat dari Sen di awal gim pertama. Namun selepas skor 6-6, ia mampu melenggang jauh dan unggul 11-7 saat interval.

Selepas jeda, Jojo terus melebarkan jarak menjadi 14-7. Sen sempat menipiskan skor menjadi 10-15, namun Jojo kembali menjauh hingga memimpin delapan poin pada skor 19-11.

Baca juga: Ginting Akhiri Penantian 22 Tahun Tunggal Putra Indonesia di All England

Bola pengembalian Jojo yang keluar membuat skor menjadi 12-19, namun pukulan Sen yang melebar disusul smash tanggung Jojo membuat gim pertama tuntas dengan skor 21-12.

Pada gim kedua, Sen gantian mendominasi. Sempat saling berebut poin dengan Jojo hingga 4-3, sejumlah kesalahan Jojo membantu Sen meraih tujuh angka beruntun untuk menutup interval dengan skor 11-3.

Beragam kesalahan sendiri kembali dilakukan Jojo selepas jeda, membantu Sen terus menjauh hingga 17-4. Namun Jojo yang pantang menyerah mampu menipiskan jarak menjadi 10-19. Hanya saja, momennya terlambat.

Baca juga: Bahagianya Anthony Ginting Tembus Final All England Pertama Kali

Pukulan Jojo yang melebar ditambah pukulan menyilang Sen ke sudut kiri permainan menghasilkan dua poin untuk membantu Sen mengunci kemenangan 21-10 serta memaksa digelarnya gim ketiga.

Pada set penentuan itu, laga berjalan lebih ketat. Sen memimpin 3-0 di awal, namun disamakan Jojo 3-3. Sen lalu kembali memimpin 6-3, namun Jojo lagi-lagi menyamakan skor 6-6.

Skor imbang berlanjut hingga 7-7, lalu Jojo untuk pertama kalinya memimpin 8-7 usai smash yang ia lancarkan gagal dikembalikan sempurna oleh Sen. Ia mampu menjaga keunggulan itu hingga menutup interval dengan skor 11-8.

Baca juga: Fajar/Rian Terpacu Raih Hasil Terbaik di All England 2024

Usai rehat, Jojo kian dominan hingga melebarkan jarak menjadi 18-12. Smash Sen yang keluar mengubah skor menjadi 19-12. Lalu Jojo gantian melancarkan smash, kali ini masuk demi menambah keunggulan menjadi 20-12.

Sen sempat menambah tiga poin hingga 15-20, namun akhirnya kemenangan menjadi milik Jojo usai pukulan Sen membentur net, menutup skor menjadi 21-15. Di final, Jojo akan bertemu Anthony Sinisuka Ginting yang menekuk Christo Popov (Prancis).

(adp/nds)

Greysia Ingin Semangat Buku Menembus Garis Batas Capai Pelosok Indonesia

Greysia Polii bakal melakukan roadshow usai meluncurkan buku biografi Menembus Garis Batas. Ia ingin menyebarkan semangat dalam bukunya ke pelosok Indonesia.

Greysia menggelar launching buku berjudul Menembus Garis Batas di kawasan Thamrin, Sabtu (29/6/2024). Buku itu berisi cerita perjalanannya dari awal memulai karier hingga menjadi juara Olimpiade buat Indonesia.

Penuh kisah inspiratif, buku Menembus Garis Batas diharapkan Greysia bisa dibaca khalayak luas. Untuk itu, ia ingin menggelar road show dengan misi menyebarluaskan semangatnya ke pelosok Indonesia.

“Yes, dari awalnya prinsipnya seperti itu dulu. Dari sini, itu bisa dieksplore lagi,” kata Greysia kepada pewarta.

“Jadi memang setelah buku ini (launching), kami mau langsung ada roadshow ke sekolah-sekolah, ke daerah-daerah yang memang tujuan dari buku ini tersebut ingin memberi dampak yang positif.”

“Semangat ini yang mau disampaikan ke seluruh daerah pelosok sebenarnya. Saya juga sudah melakukannya sebelumnya. Tapi dengan adanya buku ini sebagai media, ini akan memperkuat dan semoga teman -teman anak-anak yang di luar sana bisa terinspirasi untuk menjadi sesuatu buat bangsa dan negara,” kata Greysia Polii usai peluncuran buku Menembus Garis Batas.

Baca juga: Greysia Polii Resmi Luncurkan Buku Menembus Garis Batas

Greysia sendiri mengundang banyak tamu penting dalam peluncuran bukunya. Dari pengurus PBSI sampai atlet-atlet pelatnas PBSI.

Selain itu, Greysia juga mengundang sosok yang dianggap bisa menginspirasi seperti Najwa Shihab dan Denny Sumargo. Sementara dari atlet, ada Anthony Sinisuka Ginting, Muhammad Rian Ardianto, Gregoria Mariska Tunjung, Apriyani Rahayu, Siti Fadia Silva Ramadhanti, dan Pitha Haningtyas Mentari.

Hadir pula rekan Greysia Polii di tiga Olimpiade 2012 Meiliana Jauhari, Nitya Krishinda Maheswari (Olimpiade Rio 2016), dan Apriyani (Tokyo 2020) juga menyertai peluncuran buku Menembus Garis Batas karya Greysia Polii.

Sehubungan dengan harapan agar pesan-pesan positif ini sampai ke pelosok Tanah Air, buku ‘Menembus Garis Batas’ akan didonasikan kepada Ikatan Guru Indonesia (IGI), Pustaka Bergerak, perpustakaan daerah, sekolah, dan yayasan. Jika ingin berpartisipasi dalam menjangkau anak-anak di penjuru Nusantara, Anda juga bisa berkontribusi dalam donasi buku melalui bit.ly/mgbcharity.

(mcy/yna)

Balapan MotoGP Belum Mulai, Bos Yamaha kok Bilang Begini

MotoGP 2024 akan dimulai pada 10 Maret mendatang. Bos Yamaha mengaku, motornya belum terlalu kencang untuk berkompetisi dengan para rival.

Pada MotoGP musim 2023 kemarin, rider Yamaha gagal finis di papan atas. Ketika itu, Fabio Quartararo finis di posisi ke-10 klasemen dan Franco Morbidelli finis di posisi ke-13.

Musim 2024, Fabio Quartararo akan berduet dengan Alex Rins. Morbidelli menyeberang ke Pramac Racing.

Baca juga: Jelang MotoGP 2024 Bergulir, Yamaha Disebut Quartararo Masih Punya PR

Yamaha tampak kesulitan mengimbangi para rivalnya, terutama Ducati. Direktur Tim Yamaha, Massimo Meregalli pun mengakuinya dan menilai di musim ini para rider-nya mungkin masih kesulitan!

“Sejujurnya, saya tidak menyangka para pesaing akan mengambil langkah sebesar ini,” ujarnya dilansir dari Crash.

“Kami berharap bisa lebih dekat. Kecepatan kami tidak buruk, tidak masuk tiga besar, tapi lumayan,” sambungnya menyinggung soal hasil tes di Sepang.

Baca juga: Belum Mau Pikirkan Masa Depan, Quartararo Fokus Bikin Yamaha Lebih Cepat

Faktor kecepatan motor masih jadi PR Yamaha untuk bisa mengimbangi para pesaingnya. Massimo Meregalli sekali lagi mengakuinya.

“Ini adalah titik di mana kami harus memfokuskan seluruh energi yang kami miliki,” tegasnya.

Mesin baru M1 dinilai Alex Rins sudah memberi kekuatan di lintasan lurus. Tapi itu saja, belumlah cukup.

“Saya pikir Yamaha sudah meningkatkan kualitas mesinnya. Di lintasan lurus, kami cukup kuat,” katanya.

Baca juga: MotoGP Disebut ‘Kejuaraan Ducati’, Alex Rins Bilang Begini

(aff/raw)

Cerita Nusrtdinov Zayan, Atlet Berkuda Termuda Peraih Emas PON 2024

PON 2024 baru saja selesai akhir pekan lalu. Nusrtdinov Zayan Fatih jadi atlet berkuda termuda yang meraih medali emas. Top!

Mewakili kontingen Sumatera Utara, Dinov turun di cabor berkuda Equestrian yang dihelat di Venue Berkuda Jericho Stable, Sei Rampah, Serdang Berdagai Sumatera Utara, 10-18 Septe,ber.

Di usia 14 tahun, Dinov jadi atlet termuda pada nomor Show Jumping (Lompat Rintangan) 110 Cm Individual U21. Dia sukses menyabet medali emas pada pertandingan yang total diikuti oleh 16 atlet wakil dari 9 kontingen.

Pada pertandingan tersebut, Dinov yang berpasangan dengan kudanya yang bernama Lenneke tampil impresif di dua babak yang dilombakan dengan meraih hasil sempurna Double Clear Round dan catatan waktu tercepat 67,76 detik di babak pertama dan 47,59 detik di babak kedua sekaligus berhasil menyisihkan lawan-lawannya di nomor bergengsi ini.

“Alhamdulillah meskipun harus menghadapi berbagai kendala tapi akhirnya Dinov dan Lenneke berhasil meraih medali emas. Lenneke (kuda pasangan Dinov) yang harus melalui jalur darat ke arena PON di Sumatera Utara dengan menghabiskan waktu tempuh selama lima hari memang datang cukup terlambat dengan menyisakan waktu latihan dan adaptasi hanya tiga hari,” tutur Ibunda Dinov, Riyanti Kutty Nurinda, dalam keterangan persnya.

Rinda menceritakan berbagai strategi ditempuh Dinov dan tim untuk mempersiapkan diri jelang pertandingan, yakni konsultasi yang intens bersama dokter hewan untuk mengatasi faktor kelelahan akibat perjalanan panjang yang ditempuh Lenneke.

Baca juga: Atlet Muda DKI Ini Raih 2 Emas Equestrian PON 2024

Pelatih berkuda Dinov, Albert Pelealu, sampai menyusun pola latihan khusus agar Dinov dan Lenneke cepat beradaptasi dengan lingkungan serta cuaca di sekitar venue pertandingan.

Sementara itu, Dinov mengaku sempat demam panggung saat pertama kali turun di pertandingan selevel PON, dengan berbagai kendala yang ada. Dinov dan tim coba menjadikan tekanan yang timbul sebavai energi positif agar tampil dalam performa terbaik saat pertandingan.

“Memang awalnya sempat sedikit nervous, tapi berkat dukungan yang besar dari tim DNV Equestrian yang datang ke Medan, aku bisa fokus di pertandingan untuk bermain bagus,” papar Dinov.

Adapun medali emas PON 2024 menjadi penghargaan tertinggi bagi perjalanan karir atlet binaan DNV Equestrian itu.

Sebelumnya, Dinov juga berhasil membukukan prestasi gemilang di berbagai ajang kompetisi berkuda baik tingkat lokal, nasional, maupun internasional. Bahkan sejak 2022, Dinov telah mengkoleksi setidaknya 168 medali emas dari berbagai ajang.

Soal target selanjutnya, Dinov akan berusaha sekeras mungkin untuk bisa tampil pada ajang Youth Olimpic di Dakkar, Senegal, tahun 2026. Sejumlah agenda pertandingan dari kejuaraan-kejuaraan berkuda pun tengah dipersiapkan Tim DNV Equestrian untuk Dinov.

“Salah satu persiapanku menuju ajang Youth Olimpic 2026 adalah dengan berusaha tampil bagus di pertandingan-pertandingan seri FEI Jumping World Challenge (JWC) Indonesia di musim kompetisi Tahun 2025 mendatang,” kata atlet dengan julukan Super Dinov tersebut.

Baca juga: Nusrtdinov Zayan, Atlet Berkuda Indonesia Berjaya di Malaysia

(mrp/rin)

Bamsoet Puji Kiprah 3 Tahun Dewa United di Kancah Olahraga Nasional

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengapresiasi perjalanan tiga tahun Dewa United di bawah inisiator Founder JHL Group Jerry Hermawan Lo, yang menjadi induk dari tiga divisi olahraga. Di antaranya sepakbola melalui Dewa United FC, basket melalui Dewa United Banten, serta e-sport melalui Dewa United e-Sport Club.

Dewa United juga memiliki Dewa United Sports Complex mencapai 12 hektar di kawasan Tangerang dengan beragam fasilitas. Antara lain arena basket berkapasitas dua ribuan penonton, lapangan sepakbola berstandar internasional, penginapan, mess, dorm, gym, kolam renang, dan fasilitas kesehatan seperti dokter pribadi, fisioterapi, hingga ahli nutrisi dan gizi.

“Serta memiliki gaming house dengan kecepatan internet yang tinggi. Ke depan juga akan ada sekolah dan akademi olahraga. Menjadikannya sebagai yang terlengkap, terdepan, dan termodern di Indonesia,” ujar Bamsoet, dalam keterangan tertulis, Jumat (1/3/2024).

Hal ini disampaikan Bamsoet seusai menghadiri perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-3 Dewa United, di Dewa United Sports Complex, Tangerang, Kamis (29/2/2024).

Baca juga: Bamsoet: Tak Banyak Negara Jadi Tuan Rumah 2 Seri MXGP, Hanya RI-Italia

Bamsoet menjelaskan Dewa United juga memiliki Yayasan Merah Putih Peduli Atlet yang memberikan perhatian kepada atlet-atlet yang pernah berjasa mengharumkan nama Indonesia, namun saat ini nasibnya kurang beruntung karena mengalami masalah ekonomi maupun kesehatan. Misalnya dengan membantu pengobatan juara dunia bulu tangkis Verawaty Fajrin.

“Selain melakukan pembinaan terhadap atlet muda sepakbola, basket, dan e-Sport, kehadiran Dewa United juga membuktikan bahwa olahraga dapat dikelola sebagai sebuah industri. Sekaligus tanpa melupakan misi sosial kemanusiaan,” jelas Ketua DPR RI ke-20 tersebut.

Bamsoet memaparkan dari divisi sepakbola, prestasi membanggakan ditunjukkan Dewa United FC yang berhasil menembus kompetisi teratas Liga 1 Indonesia. Setelah sebelumnya berjuang dari kompetisi Liga 2 pada musim 2021, dan promosi ke Liga 1 pada musim 2022.

Dilatih Jan Olde Riekerink, Dewa United FC terus berusaha meraih prestasi terbaik musim ini dengan menempati papan tengah klasemen.

Dari olahraga basket, Dewa United Banten menargetkan Juara Indonesia Basketball League (IBL). Mengingat sejak pertama kali ikut serta pada IBL musim 2021, Dewa United Banten langsung membuat gebrakan dengan finish di urutan empat besar.

Baca juga: Bamsoet dan Menpora Resmikan P1 Digital Motorsport di Black Stone Garage

Di musim berikutnya juga tidak pernah absen di babak semifinal dan kembali mengakhiri musim di posisi empat besar.

“Di awal musim 2024 ini, Dewa United Banten masih memimpin klasemen IBL, dan sejauh ini menjadi satu-satunya tim IBL yang belum terkalahkan, dengan catatan sempurna menyapu bersih lima kemenangan beruntun,” jelas Bamsoet.

Bamsoet menambahkan dari olahraga e-sport, Dewa United e-Sports semakin menjadi tim yang disegani karena menorehkan berbagai prestasi.

Antara lain berhasil masuk playoff pada keikutsertaan pertama kali pada Mobile Legends Pro League (MPL) season 12 tahun 2023, menembus level dunia dengan bertanding di ESL Challenger League Asia yang kini telah memasuki season 47, dan mengikuti FFWS SEA 2024 turnamen Free Fire yang mempertemukan tim-tim e-sports Asia Tenggara.

“Dewa United e-Sports juga mampu memborong gelar terbanyak pada Piala Presiden e-Sports 2021 di Nusa Dua Bali dengan meraih juara game Lokapala dan Battle of Satria. Serta meraih juara satu ajang ASL Spring 2022 serta FIFAe Global Series 2023, dan berhasil mengirimkan 4 atletnya mewakili Timnas e-Sports Indonesia di SEA Games 2021,” ungkap Ketua Dewan Pembina Depinas SOKSI tersebut.

Sebagai informasi, acara tersebut dihadiri oleh Founder JHL Group Jerry Hermawan Lo, Founder Dewa United Tommy Hermawan Lo, CEO Dewa United Lexyndo Hakim, Presiden Dewa United FC Ardian Satya Negara, Presiden Dewa United Banten Michael Oliver Wellerz, dan Presiden Dewa United e-Sports David.

Hadir pula Ketua Komite Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari, Ketua PSSI ke-17 Komjen Pol (purn) Mochamad Iriawan, mantan Kepala Staf Umum TNI Letjen TNI (purn) Ganip Warsito, dan CEO Prestige Motorcars Rudy Salim.

(akd/ega)

Aleix Espargaro Akui Jorge Martin Sedih karena Ducati, tapi…

Rider Aprilia Aleix Espargaro mengungkapkan, Jorge Martin sedih karena gagal promosi ke Ducati. Namun, Espargaro yakin Martin akan bersinar di Aprilia musim depan.

Jorge Martin mesti merelakan kursi pebalap Ducati jatuh ke tangan Marc Marquez. Padahal si Martinator dilaporkan lebih dulu menjalin kesepakatan dengan pabrikan Italia itu.

Baca juga: Marc Marquez Datang, Bagnaia Tetap Rider Nomor 1 Ducati

Akan tetapi, penolakan Marquez untuk pindah ke Pramac, meskipun mendapatkan motor spek terbaru berserta kru, membuyarkan rencana Ducati. Pada prosesnya, Jorge Martin menerima pinangan Aprilia yang sekaligus memastikan Marquez sebagai tandem baru Francesco Bagnaia.

Jorge Martin akan menggantikan Aleix Espargaro yang memutuskan pensiun dari MotoGP selepas musim 2024 rampung. Espargaro mengungkapkan, sahabatnya itu sangat antusias membuka lembaran baru bersama Aprilia.

“Aku mengharapkan yang terbaik untuk Jorge dan Aprilia, aku menyayangi mereka,” ungkap pebalap veteran Spanyol itu dikutip GPOne.

Baca juga: Bertahan di Yamaha karena Uang? Ini Jawaban Quartararo

“Bagiku, merupakan sebuah mimpi karena motor Apriliaku dengan #41, dengan semua kru di garasi, akan ditunggangi Martin pada tahun depan, hal ini membuatku sangat gembira, baik untuk dia dan untuk tim.”

“Dia tadinya sangat sedih dengan semuanya yang telah terjadi dengan Ducati. Namun, aku yakin di Aprilia dia akan menemukan apa yang dia butuhkan, dia tidak diragukanakan menjadi seorang idola, yang pantas dia dapatkan. Aku melihat dia sangat gembira sekali dan bersemangat!” cetus Espargaro mengenai kepindahan Jorge Martin ke Aprilia.

Hasil Road To UFC Season 2- Dua Fighter Indonesia Langsung Tumbang

Ronal Siahaan dan Billy Pasulatan tak berlama-lama di Road To UFC Season 2. Kedua fighter Indonesia itu langsung tumbang di pertarungan pertamanya.

Ronal dan Billy menjajal Road To UFC Season 2 untuk mengikuti jejak Jeka Saragih, sebagai fighter Indonesia yang bisa mendapat kontrak UFC. Hasilnya tak sama.

Di babak pertama atau perempatfinal, Ronal melawan Rei Tsuruya asal Jepang di kelas terbang. Duel keduanya digelar di UFC Performance Institute, Shanghai, China, Sabtu (27/5/2023).

Dalam duel itu, Ronal Siahaan kalah dari Rei Tsuruya. Fighter Indonesia tak berkutik kena submission petarung Jepang di ronde kedua menit ke 1 menit 19 detik.

Kuncian Rei Tsuruya memaksa Ronal melakukan tap in dan menyerah. Ronal kalah di laga itu.

Kekalahan membuat Ronal gagal ke semifinal Road To UFC 2023. Sementara Rei Tsuruya akan melawan Marc Climaco asal Filipina.

Di laga kelas terbang berikutnya, satu wakil Indonesia lainnya yakni Billy Pasulatan juga tak mampu mengalahkan lawannya, Jiniushiyue asal China. Billy bahkan kalah di ronde pertama.

Di ronde pertama, Jiniushiyue bisa memaksa Billy bermain ground di canvas oktagon. Dalam posisi di atas, fighter tuan rumah itu kemudian menghabisi Billy dengan strikes bertubi-tubi.

Billy coba berontak, namun tak kuasa membalikkan keadaan di oktagon. Di saat bersamaan, Jiniushiyue terus memberinya pukulan ke kepala, dan akhirnya wasit menghentikan duel. Jiniushiyue dinyatakan menang TKO (strikes) saat duel baru berjalan 1 menit 56 detik di ronde pertama.

Usai Ronal Siahaan dan Billy Pasulatan, Indonesia masih punya dua wakil lagi di Road To UFC Season 2. Masih ada Eperaim Siregar di kelas bantam dan Windri Patilima di kelas ringan. Keduanya baru akan bertanding pada Minggu (28/5).

Simak juga Video: Momen Jeka Saragih Tandatangan Kontrak UFC!

[Gambas:Video 20detik]

(yna/krs)

Iran Mau Bikin Brasil Stres di FIBA World Cup 2023

Kiprah Iran di FIBA World Cup 2023 bakal diawali dengan laga melawan Brasil. Pelatih Iran Hakan Demir bilang timnya mau bikin stres lawan.

Menurut jadwal FIBA World Cup, Iran akan memainkan laga perdananya di Grup G pada Sabtu (26/8/2023) melawan Brasil pada laga perdana pukul 16.45 WIB.

Menghadapi Brasil, Hakan menyebut calon lawan mereka merupakan tim berkualitas tinggi. Brasil pun dinilai memiliki pemain yang bagus, karena berpengalaman dan memiliki jam terbang lebih banyak.

Baca juga: Kapten dan Pelatih Brasil Bahas Peluang di FIBA World Cup 2023

“Memang di dua laga uji coba terakhir mereka harus kerja keras, tetapi pada akhirnya di akhir musim panas mereka bermain dengan bagus. Mereka, saya lihat memiliki peluang besar untuk bisa mencapai Top 16,” kata Hakan dalam pernyataan tertulis, Kamis (24/8/2023).

“Kami akan bertemu dengan mereka dan kita lihat apa yang bisa dilakukan dengan sistem mereka. Kami akan membuat mereka stres menghadapi kita,” tambahnya.

Skuad Iran saat ini mayoritas berisikan pemain muda. Hakan Demir menyebut, mereka sudah berlatih keras menjelang perhelatan FIBA World Cup 2023. “Kami mengubah beberapa generasi. Mereka telah berlatih selama 2,5 bulan dengan keras dan pastinya kami akan berusaha dan kerja keras untuk sekuat dan sebaik yang kami mampu,” ucapnya.

Baca juga: Erick Thohir Raih Penghargaan FIBA, Pujian Dilayangkan Insan Basket

Iran sendiri pernah memiliki pengalaman yang kurang bagus saat berhadapan dengan Brasil di Piala Dunia 2014 lalu. Ketika itu mereka kandas dengan skor 50-79 atas Brasil.

“Ya pada 2014 kami memiliki hasil kurang bagus saat melawan mereka (Brasil) Itu merupakan laga yang tangguh bagi kami,” kata kapten Iran Hamed Haddadi.

“Sekarang mereka berubah dengan membawa pemain muda. Tapi, selalu senang bermain dengan Brasil karena membawa pengalaman baru bagi saya, dan bagi para pemain muda yang membutuhkan pengalaman lebih, pertemuan nanti akan menjadi laga yang bagus bagi kedua tim.”

(mcy/krs)

Hasil UFC 294- Makhachev Bikin KO Volkanovski, Chimaev Atasi Usman

Islam Makhachev bisa membuat Alexander Volkanovski KO di UFC 294. Sementara Khamzat Chimaev mengatasi perlawanan sengit Kamaru Usman lewat kemenangan angka.

Duel UFC 294 digelar di Etihad Arena, Abu Dhabi, Minggu (22/10/2023) dini hari WIB. Ada lima partai utama digelar, dengan puncaknya mempertemukan Islam Makhachev vs Alexander Volkanovski.

Dalam duel itu, Islam Makhachev tak kesulitan untuk menganvaskan lawannya. Hanya butuh satu ronde bagi murid Khabib Nurmagomedov mengalahkan Volkanovski.

Jelang ronde pertama habis, tendangan Islam ke kepala Volkanovski membuat Volkanovski terhuyung. Petarung 31 tahun itu kemudian langsung memberi hujan pukulan ke Volkanovski, sampai wasit akhirnya meminta Makhachev menghentikan serangannya.

Islam Makhachev dinyatakan menang KO di laga itu, menjadi kemenangan keduanya atas Alexander Volkanovski setelah duel Februari lalu. Ia juga bisa mempertahankan sabuk juara kelas ringan, sekaligus memperpanjang rekornya menjadi 25 kemenangan.

Pada duel lainnya, Khamzat Chimaev bisa mengatasi perlawanan Kamaru Usman di kelas menengah. Chimaev menang angka majority decision dengan skor 29-27, 29-27, 28-28 dalam tiga ronde.

Hasil UFC 294

Main Card

Islam Makhachev menang KO atas Alexander Volkanovski

Khamzat Chimaev menang angka (majority decision) atas Kamaru Usman

Magomed vs Johnny Walker No Contest

Ikram Aliskerov menang TKO atas Warlley Alves

Said Nurmagomedov menang submission (guillotine choke) atas Muin Gafurov

Preliminary Card

Muhammad Mokaev menang submission vs Tim Elliott

Trevor Peek menang angka (unanimous decison) vs Mohammad Yahya

Javid Basharat vs Victor Henry no contest

Sedriques Dumas menang angka (unanimous decision) vs Abu Azaitar

Mike Breeden menang KO atas Anshul Jubli

Muhammad Naimov menang angka (unanimous decision) vs Nathaniel Wood

Victoria Dudakova menang angka (unanimous decision) vs Jinh Yu Frey

Shara Magomedov menang angka (unanimous decision) vs Bruno Silva

Gresini Racing Luncurkan Tim, Begini Gaya Marc Marquez di 2024

Gresini Racing menggelar launching team untuk musim balap 2024. Tim satelit Ducati itu memamerkan rider barunya, Marc Marquez, begini penampakannya.

Gresini menggelar peluncuran tim di Discoteca Cocorico, Riccione, Italia, Minggu (21/1/2024) dini hari WIB. Dalam kesempatan itu, Gresini memamerkan livery anyar buat tim Moto2, Moto3, dan tentu saja MotoGP di 2024.

Baca juga: MotoGP: Marc Marquez Bakal Adaptasi Kilat dengan Ducati

Yang ditunggu-tunggu adalah penampakan Marc Marquez dalam balutan tim barunya. The Baby Alien memutus kontraknya di Honda, dan menyusul adiknya, Alex Marquez, bergabung ke Gresini Racing.

Setelah lebih dulu memamerkan Alex Marquez dengan seragam barunya, yang tak jauh berbeda dengan musim lalu, Gresini kemudian membawa Marquez ke panggung. Juara dunia MotoGP enam kali itu akhirnya muncul dengan livery tim barunya.

Marc Marquez mengenakan seragam berwarna ungu muda dengan paduan warna biru tua dan merah, yang dipenuhi sponsor. Rider berusia 30 tahun itu kemudian melambaikan tangannya ke penonton usai tirai di panggung terbuka.

Sementara untuk motornya, Marquez masih akan memakai nomor 93 di bagian fairing depan motor Desmosedici GP23, mesin lama Ducati. Dari segi warna dan desain, motor Gresini yang dipakai Marquez juga tak berbeda berbeda jauh dengan model Desmosedici GP22.

Usai dipamerkan, Marquez diwawancara sendirian di atas panggung. Tak lama kemudian, Marc Marc dan Alex Marquez diwawancara bersama, sebelum sesi launching team berakhir.

Kehadiran Marc Marquez bisa saja membuat Gresini makin ngebut di musim 2024. Musim lalu, tim satelit Ducati itu bisa merebut dua podium dalam race utama, dan dua kemenangan di sprint race.

Baca juga: Jika Tak Dijamin ke Ducati, Marc Marquez Takkan Mau Gabung Gresini

Hasil Kualifikasi F1 GP Azerbaijan 2024- Leclerc Rebut Pole Position

Charles Leclerc meraih pole position Formula 1 GP Azerbaijan 2024 usai menjadi yang tercepat dalam sesi kualifikasi. Sedangkan nasib buruk dialami Lando Norris yang tersandung di sesi pertama.

Berlangsung di Baku City Circuit, Sabtu (14/9) malam WIB, Charles Leclerc menjadi yang tercepat di sesi pertama dengan catatan waktu 1 menit ,42,775 detik. Kejutan hadir saat Lando Norris gagal melaju ke sesi kedua usai hanya menempati urutan 17 dengan torehan waktu 1 menit 43,609 detik.

Pada sesi kedua, giliran Max Verstappen yang mengukir waktu putaran tercepat dengan 1 menit 42,042 detik, sementara Leclerc terpaut 0,014 detik di belakang sang juara bertahan.

Baca juga: Lanjut Puasa Kemenangan, Verstappen: Tak Realistis Bicara Gelar Saat ini

Pada sesi ketiga atau penentuan pole position, Leclerc sukses mengunci posisi terdepan usai mencatat waktu terbaik selama 1 menit 41,365 detik. Ia unggul 0,321 detik dari Oscar Piastri yang mengamankan grid kedua.

Rekan setim Leclerc di Ferrari, Carlos Sainz berada di urutan ketiga dengan 1 menit 41,805 detik, disusul pemenang GP Azerbaijan tahun lalu, Sergio Perez, di posisi empat dengan selisih 0,008 detik di belakang Sainz.

George Russel berada di urutan enam dengan 1 menit 41,874 detik, disusul Verstappen di peringkat enam dengan 1 menit 42,023 detik. Lewis Hamilton berada di posisi tujuh dengan 1 menit 42,289 detik, diikuti oleh Fernando Alonso dengan 1 menit 42,369 detik.

Duo Williams, Franco Colapinto dan Alexander Albon melengkapi posisi 10 besar dengan torehan waktu masing-masing selama 1 menit 42,530 detik dan 1 menit 42,859 detik.

GP Azerbaijan 2024 akan digelar pada Minggu (15/9) besok pukul 18.00 WIB dan bisa ditonton langsung di beIN Sports sebagai penyiar resmi di Indonesia.

Hasil Kualifikasi F1 GP Azerbaijan 2024:

PosisiNamaNegaraTimQ1Q2Q3
1Charles LeclercMONScuderia Ferrari1m42.775s1m42.056s1m41.365s
2Oscar PiastriAUSMcLaren F1 Team1m43.033s1m42.598s1m41.686s
3Carlos SainzESPScuderia Ferrari1m43.357s1m42.503s1m41.805s
4Sergio PerezMEXOracle Red Bull Racing1m43.213s1m42.263s1m41.813s
5George RussellGBRMercedes AMG Petronas F1 Team1m43.139s1m42.329s1m41.874s
6Max VerstappenNEDOracle Red Bull Racing1m43.097s1m42.042s1m42.023s
7Lewis HamiltonGBRMercedes AMG Petronas F1 Team1m43.089s1m42.765s1m42.289s
8Fernando AlonsoESPAston Martin Aramco F1 Team1m43.472s1m42.426s1m42.369s
9Franco ColapintoARGWilliams Racing1m43.138s1m42.473s1m42.530s
10Alex AlbonTHAWilliams Racing1m42.899s1m42.840s1m42.859s
11Oliver BearmanGBRMoneyGram Haas F1 Team1m43.471s1m42.968s
12Yuki TsunodaJPNVisa Cash App RB F1 Team1m43.337s1m43.035s
13Pierre GaslyFRABWT Alpine F1 Team1m43.088s1m43.179s
14Nico HulkenbergGERMoneyGram Haas F1 Team1m43.101s1m43.191s
15Lance StrollCANAston Martin Aramco F1 Team1m43.370s1m43.404s
16Daniel RicciardoAUSVisa Cash App RB F1 Team1m43.547s
17Lando NorrisGBRMcLaren F1 Team1m43.609s
18Valtteri BottasFINStake F1 Team Kick Sauber1m43.618s
19Zhou GuanyuCHNStake F1 Team Kick Sauber1m44.246s
20Esteban OconFRABWT Alpine F1 Team1m44.504s

(adp/aff)

Jadwal AVC U-20 2024- Indonesia Vs Hong Kong Malam Ini

Penyelenggaraan Asian Men’s U-20 Volleyball Championship 2024 (AVC) secara resmi dimulai Selasa (23/7). Indonesia vs Hong Kong menjadi salah satu laga yang akan tersaji malam ini.

Mengambil dua lokasi di Jawa Pos Arena dan Gelora Pancasila Surabaya, AVC akan bergulir hingga 30 Juli mendatang.

Indonesia yang berintikan pemain-pemain tim Proliga dengan nama Jakarta Garuda Jaya, berada satu pul dengan Hong Kong, Saudi Arabia, dan Australia di Pul A.

Baca juga: Target PBVSI di Asian Men’s U-20 Volleyball Championship 2024

Sementara Pul B terdiri dari juara bertahan Iran, Qatar, China, dan Taiwan. Adapun Pul C diisi Jepang, India, Bahrain, dan Kuwait. Serta Pul D ditempati Thailand, Vietnam, Korea Selatan, dan Kazakhstan. Nantinya, juara-juara dari pul tersebut akan menjadi wakil Asia.

Menyesuaikan jadwal, Indonesia akan memulai perjuangannya dengan menghadapi Hong Kong pada pukul 19.00 WIB di Jawa Pos Arena. Namun sebelum itu akan dilangsungkan pembukaan pada pukul 17.00 WIB.

Sebelumnya telah berlangsung laga antara Qatar melawan Taiwan pada pukul 08.30 WIB di lokasi yang sama.

Kemudian disusul laga Jepang vs Kuwait pada pukul 11.00 WIB di Gelora Pancasila. Serta Indiai yang akan berjumpa dengan Bahrain pada pukul 13.30 WIB.

Berikut jadwal lengkapnya:

Jawa Pos Arena

Qatar vs Taiwan (09.30 WIB)

Arab Saudi vs Australia (12.00 WIB)

Iran vs China (14.30 WIB)

Hong Kong vs Indonesia (19.00 WIB)

Gelora Pancasila

Jepang vs Kuwait (11.00 WIB)

India vs Bahrain (13.30 WIB)

Thailand bs Kazakhstan (16.30 WIB)

Vietnam vs Korea Selatan (19.00 WIB).

(mcy/aff)

Ini Hasil Putaran Kelima Kejurnas Time Rally 2023

Selesai sudah putaran kelima Kejuaraan Nasional Time Rally 2023 dan Kejuaraan Daerah Slalom 2023. Berikut hasilnya.

Putaran kelima Kejurnas Time Rally 2023 dan Kejurda Time Rally 2023 merupakan bagian dari Grage Automotive Fest 11-12 November di Grage City Mall. Tercatat 50 pebalap mengikuti Kejurnas Time Rally 2023 dan 43 pebalap tampil di Kejurda Slalom 2023.

Para peserta di kejuaraan Time Rally 2023 datang dari berbagai daerah seperti DKI Jakarta, Jateng, DI Yogyakarta, Jatim, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan.

Untuk putaran kelima, juara di kelas umum jadi milik pebalap Jawa Barat Irfan Bahtiar/Kurniawan R, di kelas Seeded menjadi milik Muhammad Satya Rizqi/Dani Abdul Ghani/Nikky Oktavianti. Dari kelas Team, Pembalap GDP Rally Team, Bobby Eria Primadi/Ebay Ahmad/Denny Singgih menjadi pemenang.

Dari Kejurda Slalom, Kejuaraan Kelas F dan kelas Umum A berhasil direbut oleh Pembalap Dafa Kurnia Putra asal Jawa Tengah. Pada seri ini peserta juga datang dari berbagai Kota seperti DKI Jakarta, Tangerang, Bandung, Sukabumi, Bogor, Semarang dan Solo.

“Kami bangga melihat tingginya animo pengunjung yang datang ke Grage City Mall pada dua hari ini. Kami melihat potensi yang bisa Grage Group maksimalkan bersama dengan Gudang Garam sebagai partner kami untuk acara kali ini,” tutur Bamunas Setiawan selaku Direktur Grage Group dalam rilis kepada detikSport.

Baca juga: Cirebon Gelar Kejurnas Time Rally, Ada 50 Peserta

“Kehadiran berbagai pebalap dan juga komunitas otomotif dari beberapa kota menunjukkan keberhasilan penyelenggaraan acara kali ini.”

Para penonton tidak cuma dihibur dengan aksi para pereli, tapi juga kontes modifikasi, kumpul komunitas otomotif, dan performance musik. Kontes modifikasi diadakan di Hall A Grage Mall City yang diikuti 60 mobil.

“Terima kasih juga kepada Pangarang Racing Team, GDP, Bank BJB, Toko Mas Pantes, AUTO 2000, Sigma Advertising, CGV, Imoderma dan Pospay sebagai pendukung suksesnya acara ini,” tambahnya.

“Kami optimis dengan keberhasilan rangkaian program yang diadakan oleh Grage Group ini bisa menjadi sebuah wadah yang positif dan juga menjaga kebanggaan warisan lokal dengan memberikan kontribusi positif untuk kemajuan pariwisata lokal Jawa Barat dan juga Kota Cirebon.” tutup Bamunas.

Baca juga: Kejurda Time Rally Cirebon Selesai, Selanjutnya Kejurnas?

Jadwal Megawati & Red Sparks di Putaran 3 Liga Voli Korea

Atlet voli Indonesia Megawati Hangestri menatap putaran ketiga Liga Voli Korea Selatan bersama Jung Kwan Jang Red Sparks. Berikut jadwal lengkapnya.

Megawati akan melanjutkan perjuangannya bersama Red Sparks pada putaran ketiga V-League yang dimulai Sabtu (2/12/2023) hari ini. Mereka menutup putaran kedua dengan kemenangan atas Al Peppers, namun itu jadi satu-satunya hasil positif dari enam pertandingan.

Baca juga: Megawati Hangestri Bidik Titel Juara Bersama Red Sparks

Saat ini Megawati dan Daejeon Red Sparks berada di posisi empat klasemen putri. Mereka ada di belakang Incheon Pink Spiders, Suwon Hillstate, dan GS Caltex KIXX.

Megawati akan memulai tantangan Desember ini dengan menghadapi tim peringkat lima, Hwaseong IBK Altos. Red Sparks bakal memulai dengan tiga tim terbawah dulu, untuk kemudian menantang tiga peringkat teratas.

Baca juga: Gaji Pevoli Indonesia Megawati Tembus Rp 1,57 M per Tahun

Tim teratas di V-League lolos langsung ke final, sementara peringkat 2-3 harus melakoni play-off.

Jadwal Daejeon Red Sparks di Putaran 3 Liga Voli Korea

Sabtu (2/12), Pukul 14.00 WIB
Red Sparks vs IBK Altos

Jumat (8/12), Pukul 17.00 WIB
Al Peppers vs Red Sparks

Rabu (13/12), Pukul 17.00 WIB
Red Sparks vs Hi Pass

Baca juga: Megawati Hangestri: Si Pevoli Viral Indonesia Ingin Menginspirasi

Sabtu (16/12), Pukul 14.00 WIB
Red Sparks vs Hillstate

Kamis (21/12), Pukul 17.00 WIB
Red Sparks vs GS Caltex

Minggu (24/12), Pukul 14.00 WIB
Pink Spiders vs Red Sparks

Hasil Warm-up MotoGP Mandalika 2023- Maverick Vinales Tercepat

Pertamina Grand Prix of Indonesia sudah menyelesaikan sesi warm-up. Pebalap Aprilia, Maverick Vinales, menjadi yang tercepat.

Di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Minggu (15/10/2023), sesi pemanasan MotoGP digelar. Vinales menjadi pebalap paling sip dengan catatan waktu satu menit 31,0430 detik.

Menyusul kemudian ada rider Pramac Ducati, Jorge Martin. Dia mencatatkan waktu 0,084 detik lebih lambat dari Vinales. Sementara posisi ketiga diisi oleh rider LCR Honda, Takaaki Nakagami dengan torehan satu menit 31,2790 detik.

Baca juga: MotoGP Mandalika 2023: Makin Siang Makin Ramai

Berturut-turut ada di posisi keempat dan kelima: Franco Morbidelli dan Johann Zarco. Fabio Quartararo, Francesco Bagnaia, Enea Bastianini, Jack Miller, dan Luca Marini ada di posisi 10 besar.

Balapan Pertamina Grand Prix of Indonesia akan start pada pukul 14.00 WIB. Marini yang akan menempati posisi start pertama. Melengkapi front row ada Vinales dan Aleix Espargaro.

Pada balapan sprint Pertamina Grand Prix of Indonesia kemarin, Jorge Martin yang menjadi pemenangnya. Dengan kemenangan itu, dia mampu menempati posisi teratas klasemen MotoGP 2023 dengan raihan 328 poin.

Baca juga: MotoGP Indonesia 2023: Rider ‘Dilarang’ Pakai Ban Soft

Hasil Pemanasan MotoGP Mandalika

1. Maverick Vinales – 1:31.0430
2. Jorge Martin
3. Takaaki Nakagami
4. Franco Morbidelli
5. Johann Zarco
6. Fabio Quartararo
7. Franceso Bagnaia
8. Enea Bastianini
9. Jack Miller
10. Luca Marini
11. Marc Marquez
12. Brad Binder
13. Pol Espargaro
14. Augusto Fernandes
15. Alex Rins
16. Joan Mir
17. Raul Fernandez
18. Aleix Espargaro
19. Fabio Di Giannantonio
20. Marco Bezzecchi
21. Miguel Oliveira

Baca juga: Jadwal MotoGP Mandalika 2023 Hari Ini

Italiano Berjaya di MotoGP Qatar 2023, Fabio Di Giannantonio Juaranya

Rider-rider Italia berjaya di MotoGP Qatar 2023. Fabio Di Giannantonio menjadi pemenang, disusul Francesco Bagnaia dan Luca Marini.

Seri ke-19 MotoGP musim ini digelar di Sirkuit Lusail, Qatar, Senin (20/11/2023) malam WIB. Luca Marini memulai balapan sebagai pole sitter.

Bagnaia memimpin balapan di mayoritas race. Namun, FB63 disalip Di Giannantonio pada tiga lap terakhir.

Di Giannantonio akhirnya sukses finis pertama di MotoGP Qatar 2023. Ini menjadi kemenangan pertama dalam kariernya di kelas premier.

Bagnaia menempati P2 di MotoGP Qatar 2023. Luca Marini naik ke P3, memastikan semua podium diisi rider-rider Italia.

Jalannya Pertandingan

Pecco Bagnaia langsung merebut posisi terdepan setelah race dimulai. Jorge Martin tertinggal di urutan kedelapan.

Martin mulai merangkak ke posisi enam memasuki lap ketiga. Bagnaia masih di urutan terdepan mengungguli Fabio Di Giannantonio dan Marini.

Brad Binder menyodok ke posisi tiga mengungguli Alex Marquez dan Marini. Martin bersaing dengan Marc Marquez dalam perebutan P6.

Baca juga: Starting Grid MotoGP Qatar: Marini Pole, Bagnaia Keempat, Martin Kelima

Persaingan urutan keenam semakin sengit dengan kehadiran Maverick Vinales. Ketiganya tertinggal cukup jauh dengan rider-rider di depannya.

Vinales menyalip Martin di lap kesepuluh. Marquez turut menyalip Martinator dan mengklaim posisi ketujuh.

Fabio Quartararo menyalip Marquez dan Martin, sekaligus merebut posisi ketujuh. Bagnaia masih memimpin balapan di depan, disusul Di Giannantonio dan Brad Binder.

Di Giannatonio semakin mendekat di belakang Bagnaia. Rider tim Gresini Racing itu bahkan nyaris menyalip FB63 di lap ke-17.

Baca juga: MotoGP Qatar: Duo Gresini Racing Incar Podium dari Baris Terdepan

Di Giannatonio akhirnya menyalip Bagnaia di lap ke-19. Bagnaia justru melebar di Turn 1 memasuki lap ke-20.

MotoGP Qatar 2023 berakhir untuk kemenangan Di Giannantonio. Bagnaia di urutan kedua, sedangkan posisi ketiga ditempati Marini.

Hasil buruk diterima pesaing gelar juara MotoGP 2023, Jorge Martin. Rider tim Pramac Ducati itu finis di urutan kesepuluh sehingga poinnya tertinggal 21 angka dari Bagnaia di puncak klasemen.

[Gambas:Twitter]

Baca juga: Hasil MotoGP Qatar 2023: Di Giannantonio Sabet Kemenangan Perdana!

Bastianini Absen Tiga Seri, Comeback di MotoGP Indonesia-

Enea Bastianini sempat crash horor di MotoGP Catalunya 2023. Rider Ducati itu cedera dan harus dioperasi. Ia akan absen tiga seri, bakal comeback di Indonesia?

Selain insiden yang menimpa Francesco Bagnaia, ada pula crash lain di Sirkuit Catalunya, Minggu (3/9/2023), dalam seri MotoGP Catalunya 2023. Bastianini kecelakaan di Turn 1, yang melibatkan 5 rider.

Rider Italia itu mengalami masalah pengereman, sehingga terjatuh dan menubruk Johann Zarco. Kemudian, estafet kecelakaan terjadi yang melibatkan Fabio Di Giannantonio, Alex Marquez, dan Marco Bezzecchi.

Dalam insiden itu, Bastianini mengalami patah tulang pergelangan kaki kiri dan tangannya. Pebalap berusia 25 tahun itu harus menjalani operasi.

Melansir Crash, Ducati merilis pernyataan bahwa operasi Enea Bastianini berjalan sukses. Pebalap berjuluk La Bestia itu selanjutnya harus rehat di tiga seri ke depan, yakni di Misano, India, dan Jepang.

Baca juga: Dapat Poin Usai Crash, Alex Marquez: MotoGP Catalan yang Positif

“Bastianini menjalani operasi patah engkel dan lengan kirinya akibat kecelakaan kemarin di GP Catalunya,” tulis pernyataan Ducati.

“Dua operasi, yang dipandu Prof Catani dan Tarallo di Policlinico Modena, berjalan sukses, dan Enea akan segera menjalani pemulihan pascaoperasi.”

“Rider tim Ducati Lenovo itu akan melewatkan seri balapan kandang di Misano, dan dua seri di akhir bulan di India dan Jepang,” jelas Ducati.

Dengan pernyataan Ducati, Bastianini berpeluang comeback di MotoGP Indonesia. Seri balapan di Sirkuit Mandalika akan digeber pada 15 Oktober mendatang.

Musim ini, Bastianini menjadi rider pabrikan tim Ducati. Nasib apes menderanya sejak awal kejuaraan MotoGP 2023.

Setelah crash di sprint race seri pembuka di Portugal, Enea Bastianini baru menyelesaikan tiga kali balapan dari 11 seri yang sudah digelar. Juara dunia Moto2 2020 itu kini terlempar ke peringkat 18 di klasemen pebalap MotoGP 2023.

Baca juga: Jadi Saksi Crash, Marc Marquez Bersyukur Bagnaia Baik-baik Saja